SOSIALISASI KETENTUAN PELAKSANAAN PENANAMAN MODAL
17 Juli 2013 11:55:25 | Admin BPM | Read : 1876 X

Pada hari Jum& rsquo at, bertempat di Sheraton Hotel Bandar Lampung, tanggal 5 Juli 2013, telah dilakukan sosialisasi tentang Ketentuan Pelaksanaan Penanaman Modal, oleh BKPM. Jumlah peserta yang diundang 75 orang. Yang terdiri dari perusahaan-perusahaan dan PDKPM Kabupaten/Kota se Provinsi Lampung. 

 

Registrasi peserta dimulai pada pukul 08.30. Alhamdulillah, walaupun cuaca diiringi hujan sejak pagi, namun acara dapat dimulai sesuai rencana yang dijadwalkan semula.

 

Sosialisasi dibuka oleh Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Provinsi Lampung yang diwakili oleh Kepala Bidang Promosi, ibu Ellya Maryana,SE. Selanjutnya sambutan sekaligus arahan dari Direktur Wilayah I, Ibu arlina. Dalam arahannya, ibu arlina menyampaikan poin-poin pergantian dari PERKA No. 12 Tahun 2009 ke PERKA No. 5 Tahun 2013. Perubahan-perubahan tersebut, antara lain:

  1. Perubahan pada prinsip dasar pencatatan investasi PMDN yang diproses menggunakan spipise dimulai dari nilai investasi minimal Rp. 500.000.000,-

2.      Nilai investasi Rp. 10 Milyar (nilai setaranya dalam US$) dengan syarat minimal modal disetor atau ditempatkan sebesar Rp. 2,5 Milyar (nilai setaranya dalam US$) dan minimal nominal saham dalam penyertaan modal perseroan Rp. 10 Milyar (nilai setaranya dalam US$). Dengan catatan, perhitungan prosentase modal atau saham PMA berdasarkan nominal saham dan bukan lembar saham

3.      Mekanisme permohonan di bidang usaha & ldquo jasa& rdquo , diawali dengan presentasi tentang rencana

              kegiatan usaha

4.      Seluruh perizinan penanaman modal diawali dengan Izin Prinsip

 

Acara pokok, yaitu Sosialisasi Ketentuan Pelaksanaan Penanaman dipandu oleh moderator Bapak Zarkasi, SE.,MM, Kasubbid Pengawasan.

 

Selanjutnya paparan dari Pusbakum BKPM, yang disampaikan oleh Bapak Rio Sudarsono,SH. Menyampaikan materi dengan tema Fasilisasi Bantuan Hukum.

 

Dilanjutkan paparan dari Kasubdit Sumsel, Bengkulu, Babel, dan Lampung, Ibu Rita, membahas tentang PERKA BKPM Nomor 3 Tahun 2012.

 

Sesi berikutnya, giliran Kepala Bidang Pengendalian dan Pengawasan Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Provinsi Lampung, Bapak Gunawan, SE.,MM,   menyampaikan paparan bertema Peranan Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Provinsi Lampung Dalam Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal di provinsi Lampung.

 

Acara di skors untuk istirahat sholat dan makan siang.

Setelah makan siang, acara kembali dilanjutkan dengan agenda praktek simulasi tata cara pengisian LKPM secara online. Masing-masing peserta dipersilahkan membuka laptop yang mereka bawa. Dengan menggunakan fasilitas WiFi yang disediakan oleh hotel, para peserta mengikuti pelatihan dalam pengisian LKPM secara online. Kepada masing-masing perusahaan, setelah mereka mendaftarkan nama perusahaan disertai nomor perizinan yang dimiliki, maka perusahaan akan diberikan hak akses untuk dapat membuka aplikasi pengisian LKPM secara online dari perusahaan masing-masing, sehingga ke depannya hal itu akan memudahkan bagi para penanam modal dalam menyampaikan laporan kegiatan penanaman modal mereka.

Dengan selesainya simulasi pengisian LKPM secara online tersebut, maka selesailah acara sosialisasi tentang Ketentuan Pelaksanaan Penanaman Modal tersebut.

 

Berita Terkait